Kamis, 22 November 2012

Selamat datang di Padang Guci Kaur Bengkulu

Padang Guci,adalah nama salah satu daerah di Indonesia. Yang tepatnya Padang Guci Terletak di Kabupaten Kaur Bengkulu Selatan. Padang Guci ini sendiri Sangat Luas.BERADA di pesisir Samudra Hindia dan sebagian lainnya di lereng Bukit Barisan adalah letak geografis Padang Guci Kabupaten Kaur secara umum. Letak ini menjanjikan dua potensi sekaligus, yaitu pertanian, perkebunan, atau kehutanan di satu sisi, dan tentu perikanan laut di sisi lain. Itu adalah potensi yang jelas bisa diusahakan, belum termasuk yang masih tersembunyi, seperti potensi tambang atau pariwisata misalnya.Wilayah, yang menurut Sensus Penduduk Tahun 2000 berpenghuni kurang dari 100.000 jiwa, ini memiliki iklim dan tanah yang cukup cocok ditanami tanaman perkebunan, seperti kelapa sawit dan karet, selain tanaman pangan padi dan palawija. Khusus palawija, Kaur memiliki luas tanam dan luas panen tanaman kacang hijau, ubi kayu, dan ubi jalar cukup luas. Meskipun demikian, mayoritas penduduk wilayah ini tetap memilih sektor perkebunan sebagai mata pencaharian utama.Di lapangan usaha perkebunan, Padang Guci sebenarnya memiliki potensi tanaman kopi yang areal penanamannya cukup luas. Namun, karena harga kopi sering tidak menentu, menyebabkan pamornya kian lama kian berkurang dan semakin tidak bisa diandalkan sebagai produk unggulan. Sementara karet dan kelapa sawit adalah komoditas yang bernilai cukup tinggi, di samping harga di pasaran yang tidak terlalu berfluktuatif.

NAMA-NAMA KECAMATN DI PADANG GUCI

  • Kecamatan Tanjung Kemuning   
  • Kecamatan Kelam Tengah
  • Kecamatn Kaur Utara
  • Kecamatan Padang Guci Hilir
  • Kecamatan Padang Guci Hulu
  • Kecamatan Lungkang Kule
Nama Nama Desa Yang Termasuk di Kecamatan Tanjung Kemuning

  1. Desa Aur Ringit Desa Padang Kedondong
  2. Desa Padang Leban
  3. Desa Pelajaran I
  4. Desa Pelajaran II
  5. Desa Selika I
  6. Desa Selika II
  7. Desa Sulauwangi
  8. Desa Tanjung Aur
  9. Desa Tanjung Bulan
  10. Desa Tanjung Iman
  11. Desa Tanjung Kemuning
  12. Desa Tinggi Ari

Nama Nama Desa Yang Termasuk di Kecamatan Kelam Tengah

  1. Desa Pagar Dewa
  2. Desa Penantian
  3. Desa Siring Agung
  4. Desa Talang Tais
  5. Desa Rigangan I
  6. Desa Rigangan II
  7. Desa Rigangan III
  8. Desa Sukarami
  9. Desa Tanjung Ganti I
  10. Desa Tanjung Ganti II

Nma Nama Desa Yang Termasuk di Kecamatan Kaur Utara

  1. Desa Bandu Agung
  2. Desa Gunung Agung
  3. Desa Guru Agung
  4. Desa Padang Manis
  5. Desa Pancur Negara
  6. Desa Perugian
  7. Desa Simpang Tiga
  8. Desa Tanjung Betung I
  9. Desa Tanjung Betung II
  10. Coko enau

Nma Nama Desa Yang Termasuk di Kecamatan Padang Guci Hilir

  1. Desa Air Kering
  2. Desa Pulau Panggung
  3. Desa Talang Besar
  4. Desa Talang Jawi I
  5. Desa Talang Jawi II
  6. Desa Talang Padang
  7. Desa Ulak Agung

Nma Nama Desa Yang Termasuk di Kecamatan Padang Guci Hulu

  1. Desa Bungin Tambun I
  2. Desa Bungin Tambun III
  3. Desa Coko Betung II
  4. Desa Manau Sembilan I
  5. Desa Manau Sembilan II
  6. Desa Naga Rantai
  7. Desa Pagar Alam
  8. Desa Pagar Gunung

Nma Nama Desa Yang Termasuk di Kecamatan Lungkang Kule

  1. Desa Datar Lebar
  2. Desa Lawang Agung
  3. Desa Sinar Bulan
  4. Desa Suka Nanti
  5. Desa Tanjung Bunian
  6. Desa Tanjung Kurung

Sungai padang guci adalh sungai dari mata air perbukitan ulu ayi cancap.sungai padang guci sangat panjang dan luas dari palak genting smapi ke muare padang guci,kira-kira panjangnya 30 km.sungaipadang guci sangat penting bagi masyarakt padang guci karena ini merupakan sumber irigasi,untuk perairan persawahan masyarakt padang guci.Dengan air nya masih jernih atau alami belum tekontaminasi apapun,jadi sungai padang guci juga digunakan masyarakt umtuk mengmbil air dan tempat mandi. biasanya setiap hari libur banyak sekali bujang gadis mandi di sungai ini. Hebatnya sungai padang guci ini adalah tidak pernah kering,meskipun kemarau berbulan bulan.sungai padang guci ini juga sangat berpotensi buat dijadikan Pemangkit listrik tenaga Air ( PLTA). dan juga sangat berpotensi buat arum jeram. bagi anda suka tantangan di arus deras saya rasa sungai padang guci sangat cocok untuk olaraga arum jeram.tapi sayang sampai saat ini belum ada  arum jeram di padang guci.
Picture

AIR TERJUN CUGHUP SOERMEKA

Picture Air Terjun Cughup Suromeka adalah salah satu air terjun yang memiliki ketinggian 10 meter  di  Kecamatan Padang Guci Hulu, Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu.

Saat Anda ingin memasuki kawasan Air Terjun ini, Anda akan disambut oleh deretan pohon yang masih alami dan Sebuah batu bersejarah yang dinamakan Prasasti Telapak Kaki . Riuh rendah kicauan burung  menambah ceria suasana. Mata Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan sawah nan luas milik masyarakat. Melintasi jalan berbatuan di sela-sela rimbunnya pepohonan, sambil sesekali menoleh lembah dan ngarai di bawahnya merupakan hal yang sangat menarik.Semua keindahan itu akan semakin sempurna saat Anda sampai di lokasi air terjun. Air terjun Cughup Surmeka ini memiliki kolam penampungan air yang dangkal.
Dinamakan Air terjun Cughup Suormeka ini karena lokasinya berada di persawahan yang bernama sawah suromeka. Lokasi air Terjun Cughup suromeka kira-kira 7 kilo meter dari permukiman warga Desa Manau IX. 2 Kecamatan Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur Bengkulu selatan.dengan ketinggian ketingian airterjun surmeka kiara 10 meter.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

jeme dusun mane dengah ni???ame bulih soalnye masih lum apal nian daerah padang guci

Unknown mengatakan...

Lah tepat ttu......ape blm

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates