Senin, 19 November 2012

Indahnya Pantai Sekunyit Kabupaten Kaur Bengkulu



Pada tahun 1917 desa Sekunyit sudah ada.Desa Sekunyit dulunya hanya ada 11 rumah penduduk. Pada tahun 1918 terjadi peristiwa air muara menjadi kuning seperti kunyit dari dasar sungai sampai kedasar laut dari pinggir sampai ketengah lautan.Pada tahun 1948 desa ini dinamakan desa Sekunyit.

Pada tahun 1921 jumlah penduduk desa Sekunyit ada 17 keluarga Desa Sekunyit Marga Bandar Bintuhan. Sebelum air Sepanas dinamakan air Sepanas, air itu dinamakan air lagan. Konon ceritanya pada zaman dahulu ada seorang bermimpi ada 5 buah kapal yang akan berlabuh dipelabuhan Manjau dengan nama kapal Bajau.Dinamakan pelabuhan Manjau karena airnya bisa mendekati air Muara Tetap dan pernah pula mendekati air Sekunyit ia pun melihat banyakorang meninggal di bawah jembatan Air Lagan satu persatu disaat itulah air Lagan dinamakan Air Sepanas. Pelabuhan dinamakan pelabuhan Bajau karena kapal itu bernama Bajau.
Pada tahun 1982 Sekunyit ditimpa musibah dibalik Rizki terdampar 1 buah kapal yang bernama kapal Pertiwi. Musibah bagi orang mempunyai kapal Rizki bagi Sekunyit itu mendatangkan Rezeki. Pada tahun 1985 berdiri organisasi Muhammadiyah yang dipimpin oleh datuk Pikir dan Mabadih. Kemudian pada tahun yang sama didirikan juga sekolah MIM dengan swadaya masyarakat desa Sekunyit

Pada tahun 1981 masyarakat Bandar mengeluh kepada pemerintah setempat. Pada tahun 1982 pemerintah desa ingin membangun rumah sekolah SD dan SMA. Dengan memberi janji pada masyarakat siapa yang mewakafkan tanah miliknya maka anak mereka sekolah tanpa biaya sampai tamat sekolah.
pariwisata memang tak pernah luput dari incaran kita,, terutama bagi seseorang yang mau melepas penak dengan berbagi macam aktifitas..
di dunia ini ada begitu banyak objek wisata yang menawarkan keindahan alami bagi wisatawan. objek wisata yang beraneka ragam itu sangat menyulitkan sebagian kalangan yang ingin berkunjung menikmati ke indahannya..
di Propinsi Bengkulu bagian Selatan terdapat objek wisata yang sangat mengagumkan pemandanganya yaitu Pantai Sekunyit
Sekunyit Beach terletak di bagian selatan kabupaten kaur tepatnya di desa sekunyit kecamatan kaur selatan kabupaten kaur. Sekunyit Beach adalah sebutan turis manca negara untuk pantai sekunyit. pantai sekunyit memilki keindahan pantai yang alami, dengan gugusan teluk yang membentang indah nan biru. pemandangan Indah pantai sekunyit telah di akui turis manca negara, begitu banyak wisatawan asing yang menikmati pemandangan alamnya. pasirnya yang putih bersih serta kejernihan airnya sangat memikat anda. selain itu, pantai sekunyit juga memiliki pemandangan bawah laut yang memukau. terumbu karang serta dunia bawah laut yang masih sangat alami..


Kunjungilah Sekunyit Beach Kaur sekarang.....!!!!!

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Terima kasih atas tulisan tentang sekunyit,bisakah anda meberikan keterangan sumber tulisan ini..atau orang yg bisa saya ajak diskusi mengenai tanah Sekolah yg di wakafkn itu.

Unknown mengatakan...

subhanallah bagus sekali.....sya sja yang lahir di sini kurg paham sejarah y...terimakasihh

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates